Kenali Berbagai Permasalahan Kaki Pada Anak

Kaki manusia adalah bagian yang sangat rumit dari tubuh dan kaki anak merupakan bagian tubuh yang lembut dan lentur, sehingga tekanan yang abnormal dapat dengan mudah menyebabkan kaki untuk berubah bentuk. Kaki seorang anak tumbuh dengan cepat selama tahun pertama, mencapai hampir setengah ukuran kaki dewasa mereka.
Pada tahun pertama bisa sangat penting dalam pengembangan kaki.Gangguan kaki pada anak awalnya ringan dan tidak disadari. tetapi seiring dengan pertumbuhan usia dan berat badan anak maka permasalahan kaki yang awalnya ringan bisa berdampak pada berbagai masalah lainnya. Diantaranya: nyeri kaki, nyeri persendian, bentuk kaki tidak simetris, mudah jatuh, mudah tersandung dan berbagai dampak lainnya

Nyeri Kaki

Growing Pain atau Nyeri kaki pada anak merupakan gejala pada anak tidak umum dibandingkan orang dewasa karena fleksibilitas dan ketahanan dari jaringan. tumbuh ke dalam kuku kaki dapat terjadi dan mungkin akan membutuhkan pengobatan. Nyeri kaki Non-spesifik adalah keluhan umum dari anak-anak, sering menyebabkan sakit mendalam seperti nyeri kaki di malam hari. Ada beberapa penyebab spesifik dari sakit timbul, terutama di bagian tumit, yang disebut penyakit Sever atau apophysitis kalkanealis dan di lutut, di mana disebut nya Osgood-schlatters penyakit. Clubfoot adalah deformitas relatif jarang pada saat lahir yang masih dapat menyebabkan masalah di kemudian hari setelah koreksi. Kaki yang berkeringat banyak atau memiliki kaki berbau juga dapat menjadi masalah pada anak yang lebih tua.

Flat Foot

Flexible flatfoot atau kaki pronated pada anak-anak biasanya tidak menimbulkan nyeri pada anak kecil, tetapi dapat menyebabkan sakit, terutama jika anak kelebihan berat badan atau lebih. Pada anak yang sangat muda, sering kali ada ‘bantalan lemak’ di daerah lengkungan kaki yang memberikan tampilan kaki datar, jika tidak. Jika kaki juga ke dalam gulungan di pergelangan kaki (pronates), maka hal ini dapat menjadi perhatian. Pada kebanyakan kasus, sebagian besar akan tumbuh dari itu, tapi beberapa tidak. Pengobatan dengan orthotics kaki diindikasikan jika parah, gejala yang menyebabkan dan jika kedua orang tua memiliki kaki datar , karena hal ini menunjukkan bahwa mereka mungkin kurang mungkin untuk tumbuh dari itu.

Pentingnya Alas Kaki

Banyak masalah kaki orang dewasa dapat memiliki asal-usul mereka di masa kecil, sehingga perhatian untuk alas kaki pada anak dapat meminimalkan risiko masalah ini pada orang dewasa. Ukuran sepatu tidak sesuai bisa menyebabkan sejumlah masalah pada usia dewasa nantinya. Mengingat tingginya tingkat rasa sakit dan ketidaknyamanan bahwa masalah ini dapat menyebabkan berbagai masalah pada akaki. Masalah kaki pada anak-anak biasanya dicegah dengan alas kaki yang sesuai dan tepat .

In-toe dan Out-Toe

In-toeing berarti saat berjalan kaki kaki masuk ke dalam bukan menunjuk lurus ke depan . Masalah yang umum dengan anak-anak dengan in-toeing adalah bahwa mereka dapat perjalanan lebih sering daripada anak lain. Sebagian besar mungkin akan mengatasi kondisi alami. Jika di-toeing tidak persisten atau menyebabkan masalah, sepatu khusus, latihan peregangan atau perawatan lain dapat diperlukan. Sekitar usia 2 tahun kebanyakan anak berjalan dengan kaki mereka menunjuk lurus ke depan atau sedikit ke luar. Orang tua atau anggota keluarga lainnya sering khawatir tentang cara anak berjalan.

Pada usia 2, kebanyakan anak akan berjalan dengan kaki mereka menunjukkan sedikit ke luar. Jika sudut kaki adalah berlebihan ke arah luar, ini disebut out-toeing. Hal ini tidak biasa seperti di-toeing, tetapi dalam banyak kasus, itu juga hanya bagian dari perkembangan normal.

Seringkali hanya diperlukan jaminan jika seorang anak adalah out-toeing atau di-toeing, penanganan yang cepat dan baik akan mencegah kasus tersebut menjadi menetap dan parah. Kadang-kadang di-toeing dan out-toeing tidak menempatkan tekanan yang tidak normal pada struktur dan fungsi kaki, sepatu khusus atau intervensi laitihan kaki mungkin diperlukan untuk melindungi kaki.

Adductus Metarsus

Beberapa bayi lahir dengan kaki yang bisa membelokkan ke arah dalam dari tengah kaki ke jari kaki – disebut metatarsus adductus. Ini biasanya membaik dengan sendirinya tanpa pengobatan. Jika anak mencapai sekitar 6 sampai 9 bulan dan kondisi tidak membaik sepatu korektif khusus atau gips sering dianjurkan.

Jalan Jinjit atau Toe Walking

Jalan jinjit biasanya normal pada anak-anak, terutama jika mereka baru mulai belajar berjalan dan segala sesuatu. Namun, dapat menjadi tanda kondisi yang perlu diamati lebih lanjut terutama jika rentang sendi pergelangan kaki gerak terbatas. Sebagian besar kasus Jalan jinjit kadang seperti kebiasaan dan akan merubah anatomis dan fungsi kaki menjadi tidak sempurna. Jalan jinjit dapat disebabkan oleh kondisi gangguan sensoris, neuromuskuler, seperti cerebral palsy atau distrofi otot, perbedaan panjang kaki, kelainan sumsum tulang belakang dan sesak Achilles tendon. Jika gejala ringan cukup latihan peregangan atau terapi fisik mungkin diperlukan. Pada gangguan lebih parah atau berkelanjutan, maka perlu diberikan alat ortosis kaki, suntikan botox atau operasi. Semua kasus harus dievaluasi untuk menyingkirkan penyebab lain

Kapan harus Ke Dokter

  • Bila jalan jinjit, duduk leter W
  • Bila kaki tidak lurus, bengkok atau berbetuk O atau X
  • Bila alas kaki, sandal atau sepat tidak merata ausnya
  • Terrdapat kapalan atau kulit yang menghitam dan mengeras atau benjolan pada salah satu kaki yang tidak simetris
  • nyeri pada kaki atau kaki ada
  • Mudah tersandung dan jatuh terjadi
  • Terdapat masalah pada kulit atau kuku
  • Kaki berbau
  • Keringat pada kaki berlebihan

 

Provided by CHILDREN FOOT CLINIC (KLINIK KHUSUS GANGGUAN MASALAH KAKI PADA ANAK) Dr Narulita Dewi SpKFR Physiatrist curriculum vitae Supported By: GROWUP CLINIC I, JL Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210 Phone : (021) 5703646 – 085101466102 – 085100466103 GROWUP CLINIC II, Menteng Square Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430 phone : (021) 26914252 – 08131592-2012 -B08131592-2013 email : drnarulitadewi@gmail.com. Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC” Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967 Clinical – Editor in Chief : Dr Widodo Judarwanto, Pediatrician email : judarwanto@gmail.com Mobile Phone O8567805533 PIN BBM 76211048 Komunikasi dan Konsultasi online : twitter @widojudarwanto facebook dr Widodo Judarwanto, pediatrician Komunikasi dan Konsultasi Online Alergi Anak : Allergy Clinic Online Komunikasi dan Konsultasi Online Sulit makan dan Gangguan Berat Badan : Picky Eaters Clinic Komunikasi Profesional Pediatric: Indonesia Pediatrician Online. We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life.

“GRoW UP CLINIC” Jakarta Focus and Interest on: *** Allergy Clinic Online *** Picky Eaters and Growup Clinic For Children, Teen and Adult (Klinik Khusus Gangguan Sulit Makan dan Gangguan Kenaikkan Berat Badan)*** Children Foot Clinic *** Physical Medicine and Rehabilitation Clinic *** Oral Motor Disorders and Speech Clinic *** Children Sleep Clinic *** Pain Management Clinic Jakarta *** Autism Clinic *** Children Behaviour Clinic *** Motoric & Sensory Processing Disorders Clinic *** NICU – Premature Follow up Clinic *** Lactation and Breastfeeding Clinic *** Swimming Spa Baby & Medicine Massage Therapy For Baby, Children and Teen ***

Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider

Copyright © 2015, CHILDREN FOOT CLINIC Information Education Network. All rights reserved

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s