10 Penanganan Terkini Flat Feet Si Kaki Datar

image

Telapak kaki yang rata atau dikenal dengan sebutan kaki datar atau flat feet adalah salah satu kondisi yang paling umum ditemui oleh dokter. Gangguan ini dialami oleh sekitar 20 sampai 30% dari populasi di dunia. Flat feet, disebut juga pes planus atau fallen arches, mengacu pada suatu kondisi medis di mana lengkungan kaki rata atau datar. Seluruh bagian telapak kaki menempel atau hampir menempel pada tanah.

Flat feet atau flat foot adalah suatu keadaan dimana elastisitas atau kemampuan kaki atau tapak kaki yang menyerupai shock breaker sudah tidak ada atau molor sehingga jadi datar alias flat. Banyak orang-tua yang tidak menyadari bahwa anaknya menderita flat feet. Biasanya ibu-ibu datang membawa anaknya yang masih berusia 1 tahun, dengan keluhan kakinya datar/leper. Susah diprediksi, karena kaki bayi sampai umur 2,5 tahun masih variasi, itu normal. Namun, kalau lewat umur 3 tahun masih leper atau rata, berarti ada kelainan yang bakal bermasalah.

10 Penangganan Terkini Flat Feet Si Kaki Datar

  1. Terapi Orthotic Foot orthotic fungsional adalah perangkat medis yang terbuat dari cetakan kaki tanpa diberi beban (plester gips) atau scan 3D kaki Anda. Alat ini dirancang untuk mengontrol penyelarasan dan fungsi kaki dan anggota tubuh bagian bawah dan digunakan untuk membatasi gerakan seperti pronasi berlebihan. Orthotic tidak hanya bekerja dengan prinsip untuk menopang lengkungan. Orthotic juga meluruskan kembali struktur kaki dan kaki untuk mencegah kelainan struktur tulang serta otot, tendon, dan kelelahan ligamen. Penting untuk memastikan alat ini berfungsi dengan baik untuk memfasilitasi fungsi kaki. Alat ini bekerja untuk meningkatkan efisiensi biomekanisme dalam interaksi antara kaki dengan tanah. Orthotic dirancang dengan standar yang tepat, menggunakan teknologi terbaru dalam biomekanik dan dibuat khusus untuk kaki Anda, berdasarkan biomekanik dan morfologi kaki Anda. Perangkat ini bertujuan untuk mengontrol gerakan sendi dengan tepat, memfasilitasi dan meningkatkan gerakan pada sendi tertentu sementara membatasi gerakan sendi yang lain, dengan tujuan keseluruhan untuk mempersiapkan kaki untuk keselarasan kaki yang optimal dan memfungsikan setiap tahap dari siklus berjalan. Keselarasan kaki yang optimal juga akan membantu terciptanya keselarasan tubuh bagian bawah dan panggul yang tepat. Dengan berpijaknya kaki Anda pada orthotic yang didesain dengan tepat, maka akan dengan mudah dan konsisten membantu posisi yang benar (atau setidaknya posisi yang lebih baik) untuk berjalan, berlari, dan berdiri. Karena kaki Anda sekarang berfungsi lebih efisien, rasa sakit akibat ketegangan otot dan titik tekanan pun akan teratasi, dan perkembangan deformitas dapat ditunda atau dihentikan
  2. Penanganan lebih awal akan lebih baik. Datangilah ahli ortopedi atau ke bagian rehabilitasi medis di rumah sakit.
  3. Latihan-latihan untuk memperkuat otot kaki.
  4. Penggunaan sepatu khusus yang diberi bantalan ekstra pada bagian dalam kaki.
  5. Dokter tidak akan menyarankan perawatan apa pun hingga anak berusia lebih dari tiga sampai empat tahun, membiarkan “lemak-bayi”` menghilang lebih dulu.
  6. Perawatan umumnya akan terfokus pada pembentukan lengkungan kaki agar tidak terus tumbuh dengan betuk lurus, dengan menggunakan penahan lengkungan kaki. Karena anak-anak tumbuh dengan cepat, akan lebih baik menggunakan penahan plastik yang murah, daripada yang dibuat khusus (sesuai ukuran). Pengganjal sepatu dan penahan tumit dapat membantu mengurangi sakit yang berkelanjutan.
  7. Penurunan berat badan
  8. Perawatan atau pengobatan flat feet diperlukan apabila terdapat rasa sakit pada kaki, tungkai, atau tumit, bahkan punggung. Obat hanya untuk membantu mengatasi peradangan
  9. Perawatan dapat dilakukan dengan penahan lengkungan kaki/orthotics, senam kaki, atau latihan lain yang direkomendasikan oleh dokter.
  10. Operasi dianggap sebagai jalan terakhir, meskipun dapat membentuk lengkungan, tetapi sangat mahal. Intervensi bedah sebagian besar untuk kondisi rigid flat feet. Pengobatan operatif dapat melibatkan jaringan lunak prosedur sendiri, jaringan lunak prosedur dengan penambahan osteotomy, atau arthrodesis. Meskipun klasifikasi yang dibahas di atas (lihat Staging) tidak aman, itu bisa sangat berguna dalam pembahasan manajemen dewasa diperoleh kelasi kelainan (AAFD). Terlepas dari panggung, manajemen operasi hanya dapat dipertimbangkan setelah manajemen konservatif tidak berhasil. Prosedur bedah yang dipilih harus mengatasi semua cacat tetap dan dinamis untuk setiap pasien.

Referensi:

  • Evans AM. The flat-footed child — to treat or not to treat: what is the clinician to do?. J Am Podiatr Med Assoc. Sep-Oct 2008;98(5):386-93.
  • Pinney SJ, Lin SS. Current concept review: acquired adult flatfoot deformity. Foot Ankle Int. Jan 2006;27(1):66-75.
  • Rome K, Ashford RL, Evans A. Non-surgical interventions for paediatric pes planus. Cochrane Database Syst Rev. Jul 7 2010;CD006311

.

Provided by CHILDREN FOOT CLINIC (KLINIK KHUSUS GANGGUAN MASALAH KAKI PADA ANAK) Dr Narulita Dewi SpKFR Physiatrist curriculum vitae Supported By: GROWUP CLINIC I, JL Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210 Phone : (021) 5703646 – 085101466102 – 085100466103 GROWUP CLINIC II, Menteng Square Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430 phone : (021) 26914252 – 08131592-2012 -B08131592-2013 email : drnarulitadewi@gmail.com. Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC” Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967 Clinical – Editor in Chief : Dr Widodo Judarwanto, Pediatrician email : judarwanto@gmail.com Mobile Phone O8567805533 PIN BBM 76211048 Komunikasi dan Konsultasi online : twitter @widojudarwanto facebook dr Widodo Judarwanto, pediatrician Komunikasi dan Konsultasi Online Alergi Anak : Allergy Clinic Online Komunikasi dan Konsultasi Online Sulit makan dan Gangguan Berat Badan : Picky Eaters Clinic Komunikasi Profesional Pediatric: Indonesia Pediatrician Online. We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life.

“GRoW UP CLINIC” Jakarta Focus and Interest on: *** Allergy Clinic Online *** Picky Eaters and Growup Clinic For Children, Teen and Adult (Klinik Khusus Gangguan Sulit Makan dan Gangguan Kenaikkan Berat Badan)*** Children Foot Clinic *** Physical Medicine and Rehabilitation Clinic *** Oral Motor Disorders and Speech Clinic *** Children Sleep Clinic *** Pain Management Clinic Jakarta *** Autism Clinic *** Children Behaviour Clinic *** Motoric & Sensory Processing Disorders Clinic *** NICU – Premature Follow up Clinic *** Lactation and Breastfeeding Clinic *** Swimming Spa Baby & Medicine Massage Therapy For Baby, Children and Teen ***

Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider

Copyright © 2015, CHILDREN FOOT CLINIC Information Education Network. All rights reserved

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s