Normalkah Kaki Anakku ?

wp-1466091767987.jpgNormalkah Kaki Anakku ?

Orangtua sebaiknya memperhatikan cara anak berjalan. Jika orangtua melihat cara berjalannya lucu dan tidak seperti balita lainnya, maka tak ada salahnya untuk memeriksakan kondisi tulang kakinya. Cara berjalan anak balita sangat beragam, ada yang berjalan dengan kedua kaki mengangkang, memutar telapak kakinya ke dalam (seperti huruf O), memutar telapak kakinya keluar (seperti huruf X) dan berjalan jinjit.

Sebagian besar cacat kaki pada anak terabaikan kecuali sudah sangat berat sehingga anak mulai mengeluh. Kebanyakan bentuk kaki yang tidak normal pada balita akan kembali lurus dengan sendirinya hingga usia tertentu.

Menurut The Baby Book karangan Willian and Martha Sears, terdapat beberapa perkembangan normal untuk telapak kaki dan kaki balita, yaitu:

  • Bayi memiliki kaki bengkok sejak lahir hingga anak belajar berjalan.
  • Telapak kaki di putar ke dalam (seperti huruf O) hingga usia 2 tahun, jika tidak ada kelainan maka kaki akan kembali normal.
  • Telapak kaki di putar ke luar (seperti huruf X) mulai usia 3 tahun hingga maksimal anak berusia 7 tahun. Jika tidak ada kelainan, maka anak akan kembali berjalan normal.
  • Anak yang obesitas cenderung memiliki bentuk kaki O, ini dikarenakan kaki harus menopang berat badannya yang berlebih. Kaki anak bisa kembali normal jika anak melakukan diet sejak usia balita.

image

Jika sampai usia tersebut bayi tidak juga berjalan normal, maka orangtua bisa melakukan pemeriksaan sendiri terlebih dahulu. Caranya dengan menidurkan bayi dan posisi kakinya diluruskan lalu amati apakah kakinya simetris atau tidak, adakah bentuk tulang yang agak bengkok, perhatikan panjang dari kaki anak dan apakah anak suka tersandung jika sedang berlari.

Setelah ditemukan adanya tanda-tanda ketidaknormalan, sebaiknya orangtua membawa anak ke ahli ortopedik agar masih bisa disembuhkan. Dokter biasanya akan mencari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan kelainan tersebut. Biasanya kelainan bentuk kaki O disebabkan karena bagian bawah kaki yang menekuk ke dalam (internal tibial torsion/ITT) atau karena adanya tulang kaki bagian atas yang menekuk ke dalam. Perawatan yang diberikan adalah berupa terapi. Pada sejumlah perawatan, anak akan diberi penahan agar telapak kaki tidak memutar ke dalam atau luar yang diletakkan pada sepatu khusus.

Selain itu hindari anak tidur dengan posisi meringkuk, jangan biarkan anak duduk dengan posisi kaki ditekuk ke belakang dan ditindih, usahakan anak duduk dengan posisi kaki bersila atau diluruskan ke depan serta biasakan anak duduk dan tidur dalam posisi yang benar untuk mengurangi risiko bentuk kaki yang cacat. Jika kelainan ini bisa diketahui secara dini dan dapat segera ditolong, maka bisa mencegah terjadinya masalah ortopedi lainnya dikemudian hari. Selain itu anak tidak akan menjadi malu karena penampilannya berbeda dari anak-anak lain

Provided by CHILDREN FOOT CLINIC (KLINIK KHUSUS GANGGUAN MASALAH KAKI PADA ANAK) Dr Narulita Dewi SpKFR Physiatrist curriculum vitae Supported By: GROWUP CLINIC I, JL Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210 Phone : (021) 5703646 – 085101466102 – 085100466103 GROWUP CLINIC II, Menteng Square Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430 phone : (021) 26914252 – 08131592-2012 -B08131592-2013 email : drnarulitadewi@gmail.com. Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC” Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967 Clinical – Editor in Chief : Dr Widodo Judarwanto, Pediatrician email : judarwanto@gmail.com Mobile Phone O8567805533 PIN BBM 76211048 Komunikasi dan Konsultasi online : twitter @widojudarwanto facebook dr Widodo Judarwanto, pediatrician Komunikasi dan Konsultasi Online Alergi Anak : Allergy Clinic Online Komunikasi dan Konsultasi Online Sulit makan dan Gangguan Berat Badan : Picky Eaters Clinic Komunikasi Profesional Pediatric: Indonesia Pediatrician Online. We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life.

Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider

Copyright © 2015, CHILDREN FOOT CLINIC Information Education Network. All rights reserved

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s