Inilah Hasil Penelitian Dampak Pemakaian Sepatu High Heels

wpid-wp-1443348769315.pngInilah Hasil Penelitian Dampak Pemakaian Sepatu High Heels

Pemakaian jangka panjang sepatu High Heels ternyata tidak membuat betis besar tetapi berdampak serat otot memendek dan sendi menebal. Penelitian yang dilakukan Manchester Metropolitan University terhadap 11 dari 80 wanita yang terbiasanya mengaplikasikan high heels setidaknya setinggi 2 inchi dalam dunia tahun terakhir. Para responden itu sudah sangat terbiasa memakai sepatu heels sampai-sampai kurang nyaman jika harus beralas kaki tanpa hak. Peneliti mengevaluasi otot dan tendon dari mereka yang rajin memakai high heels maupun yang tidak. Berdasarkan scan MRI, wanita yang rutin mengaplikasikan high heels tidak mengalami pembesaran masa otot pada bagian betis. Namun hasil ultrasound menunjukkan jika pengguna setia sepatu hak tinggi mengalami pemendekan serat otot dari dari pada yang tidak suka pakai. Sendi mereka pun ditemukan lebih tebal dan kencang. Hal itu memang masuk akal karena berjalan menggunakan alas kaki hak tinggi membuat otot tak bisa meregang dengan sempurna.

Riset tersebut pun bukan satu-satunya penelitian yang pernah dibuat mengenai kaitan betis besar dan heels. Studi lain menunjukkan jika orang yang rutin mengenakan sepatu hak tinggi memang mengalami gangguan efisien otot di kaki ketika berjalan dan rentan cedera. Tetapi riset ini juga tak menyebutkan perbedaan ketebalan betis antara yang pakai sepatu hak tinggi dan yang tidak.

Kesimpulannya, pemakaian heels memang tak memperbesar betis namun membuat sendi memendek dan menyebabkan ketidaknyamanan. Untuk menghindari cedera dan rasa tegang, Mario menyarankan agar Anda sering melakukan peregangan kaki. Caranya adalah dengan menjinjit beberapa kali di sebuah tangga. Jaga keseimbangan dengan berpegangan pada pegangan tangga. Bisa juga dengan mengalternatifkan sepatu heels denganflats agar kaki bisa beristirahat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s