7 Tip dan Cara Pencegahan Gangguan Kaki

7 Tip dan Cara Pencegahan Gangguan Kaki

  1. Perhatikan ukuran sepatu. Selalu coba sepatu yang akan dibeli dengan mengenakannya dan berjalan. Jika memang terasa sempit atau tidak nyaman sebaiknya tidak dipaksakan membeli, karena akan menyebabkan luka lecet pada kaki. Saat tidak nyaman dipakai akan menganggu cara berjalan.
  2. Perhatikan bahan sepatu. Bagi anak yang mengalami gangguan sensoris dengan keluhan kaki mudah geli dan jalan jinjit sebaiknya menggunakan sepatu berbahan lembut dan empuk. Biasanya anak secara alamiah akan tidak suka memakai sepatunya bila dirasakan tidak nyaman dipakai. Dalam keadaan seperti itu anak jangan dipaksakan memakai sepatu tersebut.
  3. Pilih kaus kaki yang lembut dan dalamnya tidak banyak sisa benang jahitan atau sisa potongan jahitan yang menganggu dan membuat tidak nyaman kaki
  4. Cuci kaki secara teratur. Setiap selesai beraktivitas, biasakan untuk mencuci kaki dengan menggunakan air hangat dan scrub. Gosok perlahan dengan handuk bersih, terutama di antara jari-jari kaki.
  5. Memakai kaus kaki bersih. Selalu ganti kaus kaki secara rutin. Jika memang aktivitas saat itu cukup banyak dan kaki berkeringat, sebaiknya segera ganti kaus kaki. Ini agar kelembaban kaki terjaga dan menghindari munculnya bau kaki.
  6. Melakukan olahraga kaki. Semakin banyak berolahraga kaki maka aliran darah akan semakin baik dan ini penting bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dengan berjalan ringan atau jogging. Cara lain: Duduklah dan putar pergelangan kaki  dalam satu arah, kemudian bergantian ke arah yang lain. Latihan ini membantu meregangkan dan memperkuat kaki
  7. Segera ke dokter bila terdapat gangguan cara berjalan, anak mudah terjatuh , jalan jinjit atau nyeri pada kaki.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s